DETERMINANTS OF ENVIRONMENTAL DISCLOSURE


Risma Dwi Hidayati, 7211418020 (2022) DETERMINANTS OF ENVIRONMENTAL DISCLOSURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dampak yang ditimbulkan dari aktivitas perusahaan terhadap lingkungan sekitar merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan. Pengungkapan informasi lingkungan merupakan bentuk transparansi perusahaan terhadap stakeholder. Keputusan stakeholder sangat berdampak terhadap keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, tipe auditor, kepemilikan asing, komite audit, terhadap Environmental Disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia tahun 2019-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 43 sampel perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan 50 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Malaysia. Environmental Disclosure diukur menggunakan GRI Standard 2016. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan alat bantu yaitu analisis IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan tipe auditor yang diproksikan dengan variabel dummy dimana skor 1 untuk perusahaan yang menggunakan KAP Big Four dan skor 0 untuk perusahaan yang tidak menggunakan jasa KAP Big Four berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental disclosure. Akan tetapi, Profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset, umur perusahaan, kepemilikan asing dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap environmental disclosure. Pihak manajemen ketika memilih jasa Kantor Akuntan Publik (KAP) yang akan digunakan oleh perusahaan dapat mempertimbangkan KAP Big Four, karena kualitas laporan yang diaudit oleh KAP Big Four memiliki kredibilitas tinggi dan environmental disclosure merupakan salah satu aspek yang dianjurkan untuk disajikan dalam laporan bisnis perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pengungkapan informasi lingkungan agar terlihat dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas perusahaan. Selain itu, pengungkapan informasi lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan akan memenuhi kebutuhan informasi para pemangku kepentingan sebagai dasar dalam pengambilan sebuah keputusan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Environmental Disclosure, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Tipe Auditor, Kepemilikan Asing, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:07
Last Modified: 01 Feb 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61795

Actions (login required)

View Item View Item