PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, BONUS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PRAKTIK TRANSFER PRICING DENGAN TAX MINIMIZATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Riadotussolihah, 7211418007 (2022) PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, BONUS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PRAKTIK TRANSFER PRICING DENGAN TAX MINIMIZATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Transfer Pricing merupakan suatu kebijakan dari perusahaan dalam memilih harga transfer suatu transaksi baik itu berupa barang, jasa, barang tidak berwujud atau transaksi keuangan yang dilakukan suatu perusahaan. kegiatan praktik transfer pricing yang tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku akan dapat menimbulkan suatu masalah terutama dalam penerimaan pajak negara akan berkurang sehingga akan menimbulkan kerugian pada negara tersebut. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh kepemilikan asing, bonus, dan profitabilitas terhadap keputusan praktik transfer pricing dengan tax minimization yang menjadi variabel moderating. Populasi pada penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2018-2020 dengan 153 unit analisis dari 51 perusahaan sampel. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga terpilih 95 unit analisi perusahaan. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi (MRA) dengan uji interaksi. Alat analisi yang digunakan dalam penelitian ini Ordinary Least Squares dengan IBM SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini membuktikan jika bonus berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan praktik transfer pricing sedangkan kepemilikan asing dan profitabilitas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan praktik transfer pricing. Selain itu, tax minimization dapat memoderasi signifikan hubungan bonus terhadap keputusan praktik transfer pricing, namun tax minimization tidak dapat memoderasi signifikan hubungan kepemilikan asing dan profitabilitas terhadap keputusan praktik transfer pricing. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bonus berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan praktik transfer pricing sedangkan kepemilikan asing dan profitabilitas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan praktik transfer pricing. Selain itu, tax minimization dapat memoderasi signifikan hubungan bonus terhadap keputusan praktik transfer pricing, namun tax minimization tidak dapat memoderasi signifikan hubungan kepemilikan asing dan profitabilitas terhadap keputusan praktik transfer pricing. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya ialah agar menggunakan proksi lain untuk menghitung variabel tersebut dan menggunakan variabel lain untuk memoderasi serta dapat mempengaruhi transfer pricing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing; Kepemilikan Asing; Bonus; Profitabilitas; Tax Minimization.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:39
Last Modified: 01 Feb 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61788

Actions (login required)

View Item View Item