ANALISIS KONTRIBUSI RETRIBUSI JASA USAHA, RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU, HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN YANG DIPISAHKAN DAN LAIN-LAIN PENDAPATAN YANG SAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI TANA TORAJA


TRIZA CRESLI, 7211418006 (2022) ANALISIS KONTRIBUSI RETRIBUSI JASA USAHA, RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU, HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN YANG DIPISAHKAN DAN LAIN-LAIN PENDAPATAN YANG SAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI TANA TORAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan pendapatan daerah yang diperoleh dari sumber-sumber pendapatan daerah yang kemudian digunakan untuk pembangunan daerah dan pengembangan sumber daya daerah yang dapat dimanfaatkan atau dinikmati oleh seluruh masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Laporan realisasi Pendapatan Asli Daerah yang mencakup Laporan Realisasi Retribusi Jasa Usaha, Retribusi Perizinan Tertentu, Hasil Pengelolaan Kekayaan Yang Dipisahkan dan Lain-lain Pendapatan Yang Sah Kabupaten Tana Toraja tahun 2017-2021. Sampel dalam penelitian ini Laporan realisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tana Toraja selama 5 tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian ini adalah retribusi jasa usaha, retribusi perizinan tertentu dan hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan berkontribusi sangat kurang terhadap pendapatan asli daerah di Tana Toraja. Lain-lain pendapatan yang sah berkontribusi sangat baik terhadap pendapatan asli daerah di Tana Toraja. Pentingnya kesadaran masyarakat akan pembayaran retribusi daerah dan sumber-sumber PAD untuk peningkatan penerimaan PAD serta masyarakat dan pemerintah daerah perlu menambah strategi agar potensi sumber daya daerah dapat memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap PAD Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Jasa Usaha, Retribusi Perizinan Tertentu, Hasil Pengelolaan Kekayaan Yang Dipisahkan, Lain-lain Pendapatan Yang Sah, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:32
Last Modified: 01 Feb 2024 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61787

Actions (login required)

View Item View Item