PENGARUH KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI SERTA KOMPETENSI INSTALASI TENAGA LISTRIK TERHADAP KESIAPAN SEBAGAI INSTALATIR LISTRIK SISWA SMK DI KOTA MAGELANG


Aldi Ari Amrullah, 5301418046 (2022) PENGARUH KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI SERTA KOMPETENSI INSTALASI TENAGA LISTRIK TERHADAP KESIAPAN SEBAGAI INSTALATIR LISTRIK SISWA SMK DI KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peluang serta tantangan tersendiri dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas di abad 21 terutama untuk memasuki dunia kerja dalam bidang tertentu. Diperlukan soft skill dan hard skill untuk dapat bertahan dan bersaing dalam dunia kerja di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 dan kompetensi instalasi tenaga listrik terhadap kesiapan kerja sebagai instalatir listrik siswa SMK di Kota Magelang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang kemudian di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kota Magelang sejumlah 87 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) keterampilan belajar dan berinovasi berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan kerja sebagai instalatir listrik sebesar 13,98% dengan t hitung 3,699 lebih besar dari t tabel 1,98861; (2) kompetensi instalasi tenaga listrik berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan kerja sebagai instalatir listrik sebesar 42,9% dengan t hitung 7,947 lebih besar dari t tabel 1,98861; (3) keterampilan belajar dan berinovasi serta kompetensi instalasi tenaga listrik berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan kerja sebagai instalatir listrik sebesar 59,9% dengan F hitung 65,176 lebih besar dari F tabel 3,105157. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan belajar dan berinovasi serta kompetensi instalasi tenaga listrik terhadap kesiapan kerja sebagai instalatir listrik siswa SMK di Kota Magelang. Saran yang diberikan untuk pihak sekolah dan guru hendaknya bekerja sama untuk meningkatkan kesiapan kerja dengan melatih kompetensi instalasi tenaga listrik dan keterampilan belajar dan berinovasi melalui model pembalajaran yang dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa di bidang instalasi listrik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instalatir Listrik, Kesiapan Kerja, Keterampilan Belajar dan Berinovasi, Kompetensi Instalasi Tenaga Listrik.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:24
Last Modified: 01 Feb 2024 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61779

Actions (login required)

View Item View Item