PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING


MEGA KARTIKASARI, 7211418004 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

alah satu unsur penting dalam pendapatan nasional negara adalah pajak yang mampu berkontribusi berkisar 70%-80% dari total penerimaan negara. Berdasarkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang memiliki sumber dana utama yang berasal dari pendapatan negara, penerimaan pajak, PNBP dan hibah. Upaya pemerintah dalam pengoptimalan pendapatan negara dengan memaksimalkan penerimaan pajak dilakukan dengan membuat peraturan perundang-undangan atau suatu kebijakan guna mengatur pemungutan pajak. Upaya optimalisasi pada sektor perpajakan yang dilakukan pemerintah tidaklah mudah karena memiliki beberapa kendala. Hal ini karena pada umumnya pelaku usaha atau pihak perusahaan yang berperan sebagai wajib pajak akan mengidentifikasi pembayaran pajak dengan memanfaatkan celah atas peraturan perpajakan untuk menurunkan laba setelah pajak, tingkat pengembalian, dan arus kas perusahaan, sehingga perusahaan menginginkan pembayaran pajak yang seminimal mungkin yang bisa disebut sebagai tindakan tax avoidance. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, dan leverage terhadap tax avoidance dengan firm size sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2017- 2020. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling. Sampel diperoleh sebanyak 18 perusahaan dengan 72 unit analisis dikurangi outlier sebanyak 20 unit dari perusahaan sektor pertambangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi moderasi dengan uji interaksi. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 23 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Firm size dapat memperlemah pengaruh positif kepemilikan institusional terhadap tax avoidance. Sedangkan, firm size tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap tax avoidance. Saran untuk perusahaan diharapkan dapat untuk menekan adanya praktik penghindaran pajak dengan cara meningkatkan kinerjanya sehingga perusahaan tumbuh menjadi perusahaan besar. Kemudian untuk peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan untuk menambah variabel lain selain variabel yang telah digunakan dalam penelitian ini yang mempengaruhi tax avoidance. Perluasan objek penelitian dan pengukuran proksi yang berbeda dari antar variabel juga disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Firm Size
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:44
Last Modified: 01 Feb 2024 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61772

Actions (login required)

View Item View Item