PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN JASA PERCETAKAN ATAS KETIDAKSESUAIAN HASIL AKHIR DENGAN KESEPAKATAN AWAL (Studi Kasus Pada Jasa Percetakan INSP Semarang)


DAVA IRFANI WICAKSONO, 8111418344 (2023) PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN JASA PERCETAKAN ATAS KETIDAKSESUAIAN HASIL AKHIR DENGAN KESEPAKATAN AWAL (Studi Kasus Pada Jasa Percetakan INSP Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam hal hak-hak dan kewajiban pelaku usaha serta konsumen telah di atur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dimana apa yang terjadi di lapangan nyatanya masih kurang dalam pemenuhan kewajiban oleh pelaku usaha jasa percetakan dalam memenuhi hak konsumen. oleh karenanya konsumen dapat berpotensi mengalami kerugian atas hasil akhir yang tidak sesuai dengan apa yang telah di sepakati di awal. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Dimana sumberdata yang di gunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas menggunakan teknik triangulasi data dan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan (1) Pihak konsumen mengalami kerugian pada hasil akhir yang telah di terima tidak sesuai dengan kesepakatan awal dikarenakan pelaku usaha tidak sepenuhnya melaksanakan kewajiban yang tertuang dalam pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen khususnya pada huruf “c” terkait dengan hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. (2) konsumen dibebankan biaya perbaikan atas kesalahan yang ditimbulkan oleh pelaku usaha sehingga konsumen harus mengalami kerugian tersebut. Simpulan penelitian ini adalah (1) bentuk perlindungan hukum yang dapat di berikan kepada konsumen maupun pelaku usaha tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, namun kurangnya pengetahuan masyarakat tentang UUPK akan mengakibatkan konsumen kehilangan suatu hak-haknya (2) Pelaku usaha telah melanggar hak konsumen untuk mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh konsumen sebagaimana diatur dalam UUPK. Penyelesaian sengketa yang terjadi antara konsumen dan pelaku usaha jika tidak dapat di lakukan secara damai bias di lakukan dengan jalur pengadilan (litigasi) ataupun di luar pengadilan (non litigasi).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jasa Percetakan, Pemenuhan Hak Konsumen, Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:19
Last Modified: 31 Jan 2024 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61769

Actions (login required)

View Item View Item