TINJAUAN YURIDIS INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS PADA METAVERSE BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU DI INDONESIA


Muhammad Subekhan, 8111418157 (2023) TINJAUAN YURIDIS INTELLECTUAL PROPERTY RIGHTS PADA METAVERSE BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi mengantarkan manusia ke era digital yang berkembang menuju dunia baru yang menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata yang dikenal dengan metaverse. Pada dunia metaverse ini memiliki potensi ekonomi digital besar dimana manusia bisa melakukan aktivitas selayaknya pada dunia nyata seperti bekerja, bermain, menonton konser, dan berbagai kegiatan lainya. Adanya potensi menimbulkan beberapa permasalahan hukum di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan dunia metaverse dalam perspektif hukum Indonesia. 2) untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan dunia metaverse dalam perspektif hukum Intellectual Property Right berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia. Penelitian ini menggunakan yuridis normatif dengan sumber data sekunder. Pengumpulan data dengan teknik pendekatan kepustakaan dan validitas data peneliti dengan teknik pengelolaan data triangulasi yang menggabungkan data dari sumber yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perkembangan dunia metaverse di Indonesia pemerintah telah memberikan beberapa legalitas dan kepastian hukum. Seperti pengaturan terhadap beberapa teknologi pendukung metaverse serta regulasi berkaitan dengan ekonomi digital dan teknologi blockchain seperti aset kripto sebagai komoditi berjangka. 2) Selain itu dalam perspektif IPR di Indonesia dalam pengembangan metaverse terdapat beberapa rezim IPR yang memiliki potensi seperti paten, hak cipta, rahasia dagang, merek, dan desain industri yang dalam pelekatannya dapat disesuaikan dengan kategori dan peruntukannya. Simpulan pada penelitian ini 1) bahwa dalam mewujudkan pelaksanaan metaverse di Indonesia pemerintah telah berupaya untuk bisa mengakomodir legalitas dan kepastian hukum pada dunia metaverse. 2) Kemunculan metaverse telah terakomodir dalam regulasi IPR di Indonesia. Potensi besar dunia metaverse pada IPR terdapat pada beberapa rezim seperti hak cipta, paten, rahasia dagang, merek, dan desain industri. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan agar masyarakat diharapkan bisa memahami lagi perlindungan IPR guna bisa mendapatkan manfaatnya pada perkembangan metaverse.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blockchain; Ekonomi Digital; Intellectual Property Right; Metaverse
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:47
Last Modified: 31 Jan 2024 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61765

Actions (login required)

View Item View Item