IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 2 TAHUN 2014 DALAM PENYEDIAAN TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH (TPS) 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)


MUHAMMAD HISYAM ASROR, 8111418132 (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 2 TAHUN 2014 DALAM PENYEDIAAN TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH (TPS) 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Timbulan sampah yang dibiarkan menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah dan tidak dikelola berdasarkan wawasan lingkungan bisa menimbulkan beragam masalah seperti pencemaran air, tanah, dan udara. Sehingga dampaknya muncul penyakit pada manusia seperti demam berdarah, diare, dan penyakit saluran pencernaan hingga berbagai gangguan pernapasan. Maka dari itu perlu dilakukan pengendalian dan pengelolaan timbulan sampah melalui penyediaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi penyediaan TPS 3R di Kabupaten Semarang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 2 Tahun 2014 serta mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan teknik analisis data berupa analisis kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Semarang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menampilkan bahwa (1) implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 2 Tahun 2014 dalam penyediaan TPS 3R di Kabupaten Semarang belum berjalan maksimal. Hal ini karena masih ada variabel-variabel yang belum terpenuhi ditinjau dari teori Van Meter dan Van Horn. Variabel tersebut diantaranya yaitu dari segi variabel sumber daya dana atau anggaran yang belum mencukupi. Selain itu, dilihat dari variabel lingkungan ekonomi pada program penyediaan TPS 3R di Kabupaten Semarang, berhubung bangunannya belum selesai dan/atau belum dilakukan serah terima TPS 3R kepada masyarakat melalui Kepala Desa sehingga manfaat ekonomis dari penyediaan TPS 3R belum bisa dirasakan. (2) Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 2 Tahun 2014 dibagi menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu SDM di Desa Branjang yang sudah memadai dengan baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu SDM yang ada di Desa Munding yang masih tergolong sedikit, faktor akses jalan yang berlumpur dan bergelombang menuju titik lokasi di TPS 3R Desa Branjang, serta kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap pengelolaan sampah di Desa Munding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peraturan Daerah, TPS 3R
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:39
Last Modified: 31 Jan 2024 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61763

Actions (login required)

View Item View Item