EFEKTIVITAS DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS RUMAH TANGGA


AYU SETYANINGRUM, 8111418032 (2023) EFEKTIVITAS DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS RUMAH TANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Produksi volume sampah terus meningkat diakibatkan oleh aktivitas industri dan pola konsumsi masyarakat terus bertambah berpengaruh terhadap daya dukung dan daya tampung lingkungan yang mulai terganggu. Dinas Lingkungan Hidup sebagai unsur pelaksana dalam urusan pemerintah daerah bertanggung jawab atas program kebijakan di bidang lingkungan hidup termasuk pengelolaan sampah. Berkaitan dengan hal tersebut dapat dilakukan upaya peningkatan partisipasi masyarakat untuk mengurangi jumlah volume sampah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. Permasalahan yang akan dikaji oleh peneliti yaitu (1) Bagaimana efetivitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga; (2) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara terkait pelaksanaan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan yuridis empiris dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menjadikan teori efektivitas hukum dan teori partisipasi masyarakat sebagai dasar teori dalam penelitian. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut (1) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara diukur berdasarkan 4 (empat) indikator efektivitas dan dikaitkan dengan teori efektivitas hukum. (2) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara dilakukan melalui upaya sistem pengurangan dan penanganan sampah yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan nyata dan selanjutnya dianalisis dan dikaitkan dengan teori partisipasi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik simpulan bahwa pengelolaan sampah umah tangga dan sampah sejenis rumah tangga oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara masih rendah dan pelaksanaannya hanya menjangkau 12 kelurahan karena adanya kendala. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah masih rendah dan berpengaruh terhadap pola pikir, sikap dan tindakan yang diambil oleh setiap orang terhadap lingkungan. Sehubungan dengan kebutuhan dan kekurangan penyelenggaraan pengelolaan sampah untuk segera dicukupi serta perlu ditingkatkan partisipasi dan keterampilan masyarakat melalui upaya edukasi dan sosialisiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sampah, Sampah Rumah Tangga, Sampah Sejenis Rumah Tangga.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:09
Last Modified: 31 Jan 2024 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61760

Actions (login required)

View Item View Item