PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021


M. Bagus Aji Pratama, 7311418121 (2022) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan cerminan dari kinerja perusahaan yang dapat dilihat dari harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas (ROA), likuiditas (CR) dan leverage (DER) berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV). Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 sebanyak 18 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 16 perusahaan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan yang dipublikasikan pada laman resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda data panel yang diolah menggunakan software E-Views versi 12. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (Return On Asset), likuiditas (Current Ratio) dan leverage (Debt to Equity Ratio). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai perusahaan (Price to Book Value). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan menggunakan Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV), likuiditas yang diproksikan menggunakan Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV) dan leverage yang diproksikan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV). Kesimpulan pada penelitian ini variabel ROA, CR dan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai nilai perusahaan diharapkan dapat menambahkan rasio aktivitas. Analisis rasio aktivitas dapat memberi informasi mengenai efektivitas perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, profitabilitas, likuiditas dan leverage
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:46
Last Modified: 31 Jan 2024 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61751

Actions (login required)

View Item View Item