PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008


Malika Hajar Nuru Sofwan , 3101403530 (2007) PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008) - Published Version
Download (510kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter. Karena pada dasarnya pengajaran sejarah bertujuan menumbuhkan rasa nasionalime melalui penghayatan masa lampau bangsa, yang dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mengatasi perbedaan suku. Dengan pembelajaran menggunakan media film dokumenter dari penglihatan siswa secara langsung akan memunculkan persepsi siswa yang positif. Tetapi hal ini perlu dibuktikan kebenaranya melalui penelitian agar memperoleh jawaban yang lebih akurat. Permasalahan yang ingin dipelajari dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter pada siswa SMP Negeri 36 Semarang tahun pelajaran 2007/2008. : (2) Bagaimana persepsi siswa terhadap model pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang tahun pelajaran 2007/2008. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin megetahui proses pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang tahun pelajaran 2007/2008. : (2) Ingin mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang tahun pelajaran 2007/2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sample. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaksi. Hasil penelitian Di SMP Negeri 36 Semarang, Dalam pembelajaran sejarah guru menggunakan media film dokumenter dimana siswa di ajak melihat suatu peristiwa masa lampau dalam film dokumenter dan menghubungkan dengan materi yang telah di sampaikan oleh guru dan sebagai implementasinya agar dapat memahami materi. Film dokumenter digunakan untuk mengatasi kebosanan siswa dalam mempelajari sejarah, pada dasarnya film itu menyampaikan pesan perjuangan para pahlawan sehingga kesan yang di tangkap oleh siswa adalah jiwa kepahlawanan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa: Persepsi Siswa terhadap model pembelajaran sejarah menggunakan media film dokumenter dapat bersifat positif dan negatif. Persepsi yang bersifat positif dapat mendorong mereka bersikap dan bertingkah laku positif terhadap kehidupan sehari-hari maupun di sekolah dan belajar lebih giat guna meneruskan cita-cita para pahlawan. Sebaliknya, persepsi siswa yang bersifat negatif dapat mendorong mereka bertingkah laku negatif, misalnya film dokumenter juga menggambarkan peperangan, siswa sering bertengkar. Dari hasil penelitian diatas disarankan, dalam penggunaan media pembelajaran harus lebih di tingkatkan agar supaya pesan afektif cepat terkangkap dan bisa mendalam, sehingga dalam mempelajari sejarah tidak terkesan membosankan dan bersifat hapalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Media Film Dokumenter
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 12:20
Last Modified: 25 Apr 2015 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6175

Actions (login required)

View Item View Item