Pembinaan Petugas Pungut Pajak Hotel dan Restoran Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batang


Yuniati , 3401407051 (2011) Pembinaan Petugas Pungut Pajak Hotel dan Restoran Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Petugas Pungut Pajak Hotel dan Restoran Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batang]
Preview
PDF (Pembinaan Petugas Pungut Pajak Hotel dan Restoran Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Batang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendapatan Asli Daerah yang merupakan gambaran potensi keuangan daerah pada umumnya mengandalkan unsur pajak daerah dan retribusi daerah. Berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak daerah, maka daerah dapat menggali potensi pajak yang berupa pajak hotel dan restoran. Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah menyadari bahwa potensi pajak hotel dan restoran bukanlah merupakan sektor penyumbang terbesar dalam Pendapatan Asli Daerah, tetapi berpotensi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari Pajak Hotel dan Restoran mengalami fluktuasi. Fluktuasi Pendapatan Asli Daerah Pajak Hotel dan Restoran sangat dipengaruhi oleh kinerja Petugas Pungut Pajak Hotel dan Restoran dalam menggali dan memunggut sumber Pendapatan Pajak Hotel dan Restoran. Permasalahan penelitian ini yaitu: (1) apa upaya-upaya pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah kepada petugas pugut pajak hotel dan restoran sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah secara maksimal; (2) apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan pembinaan petugas pungut pajak hotel dan restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah kepada petugas pungut pajak hotel dan restoran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah secara maksimal dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitiannya adalah informan dan dokumen di lingkungan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Batang. Proses pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dari Miles B Mattew dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah dalam pembinaan petugas pungut pajak hotel dan restoran adalah pembinaan dilaksanakan secara teratur, pembinaan oleh pejabat-pejabat terkait, memberikan materi pembinaan sesuai dengan petunjuk teknis, melatih kedisiplinan, menanamkan sifat jujur dan tanggung jawab, pembinaan dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif dan pendekatan eksperiensial, memotivasi petugas pungut pajak serta pelaksanaan evaluasi pada pembinaan. (2) kedala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan adalah peserta dalam pembinaan kurang disiplin, peserta pembinaan kurang memperhatikan materi, staf pembina yang memiliki tugas ganda, serta sarana dan prasarana pembinaan yang kurang memadai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah selaku pengelola pelaksana pembinaan adalah dengan mengadakan pembinaan secara rutin dan teratur oleh pejabat terkait dengan memberikan materi sesuai petunjuk teknis, melatih kedisiplinan, menanamkan sifat jujur dan tanggungjawab serta memotivasi dan mengevaluasi kinerja petugas pungut pajak hotel dan restoran. Kendala-kendala dalam pembinaan adalah kurangnya perhatian peserta pembinaan dalam mengikuti pembinaan serta kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang terlaksananya pembinaan. Saran yang dianjurkan bagi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah adalah usaha Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah dalam membina petugas pungut pajak hotel dan restoran hendaknya perlu adanya sanksi. Sanksi yang diberikan kepada petugas pungut pajak hotel dan restoran yang tidak disiplin dalam mengikuti pembinaan, adalah tidak diberi biaya punggut pajak, perlu menggunakan media yang menarik dalam menyampaikan materi pembinaan, perlu adanya staf pembina khusus yang bertugas membina petugas pungut pajak hotel dan restoran agar pembinaan dapat berhasil secara maksimal serta perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai seperti perlunya tempat pembinaan yang cukup luas dan fasilitas yang cukup untuk pelaksanaan pembinaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Petugas pungut pajak Hotel dan Restoran.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:34
Last Modified: 25 Apr 2015 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item