HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR BERDASARKAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI DESA PANTAI SARI PEKALONGAN UTARA


Aprintina Dyah Tri Hastuti Aditama, 6102418017 (2022) HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR BERDASARKAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI DESA PANTAI SARI PEKALONGAN UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Status gizi di pengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya tingkat Sosial ekonomi. Tingkat Sosial ekonomi akan menentukan dalam pemenuhan kebutuhan asupan makanan, sehingga akan mempengaruhi status gizi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat Sosial ekonomi orang tua/wali murid siswa sekolah dasar di desa Pantai Sari Pekalongan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan metode survey. Instrument penelitian menggunakan tes pengukuran IMT/U untuk mengetahui status gizi, dan status Sosial ekonomi menggunakan angket, subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah: siswa sekolah dasar (50) dengan karakteristik 17 laki-laki dan 33 perempuan. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Untuk menguji hubungan antar variabel menggunakan program komputer SPSS dengan metode analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan dari total 50 responden terdapat 6 orang masuk dalam kategori status ekonomi tinggi, 38 orang status ekonomi sedang dan 6 orang masuk dalam kategori status ekonomi rendah, rata-rata status gizi 9 (18%) anak masuk kategori gizi lebih, 32(64%) gizi baik,7(14%) anak memiliki gizi kurang dan 2(4%) anak dalam kategori gizi buruk. Uji korelase mendapatkan nilai signifikan 0.005 dan 0.388 pearson correlation sehingga ada hubungan yang positif dan tingkat hubungan kedua variable lemah atau tidak terlalu berpengaruh. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif antara status gizi dengan tingkat Sosial ekonomi. Dengan tingkat Sosial ekonomi yang mayoritas sedang dan konsumsi makanan tiap hari ikan mendapatkan tingkat status gizi anak di Pantai Sari dalam keadaan gizi yang baik. Akan tetapi orang tua maupun anak perlu memperhatikan pola makan, dengan asupan makanan yang sehat, bergizi dan istirahat yang cukup sehingga akan tercapai status gizi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Tingkat Sosial Ekonomi, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:23
Last Modified: 31 Jan 2024 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61711

Actions (login required)

View Item View Item