IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI LAPANGAN PADA GURU PENJAS SMA/SMK NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN


MOHAMMAD ZAENULLOH, 6101418143 (2022) IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI LAPANGAN PADA GURU PENJAS SMA/SMK NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu guru perlu memperhatikan rencana pelaksanan pembelajaran (RPP) yang telah disusun agar dapat mengimplementasikan dengan baik serta terciptanya proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru penjas di SMA Negeri 1 Gombong dan SMK Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Gombong dan SMK Negeri 1 Gombong. Sumber data dalam penelitian ini ada 5 orang guru, 3 guru SMA dan 2 guru SMK. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Aspek perencanaan, guru sudah membuat dan memiliki RPP yang sudah disiapkan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kendala yang dialami guru dalam penyusunan RPP yaitu beragam antara lain berkaitan dengan penyusunan kompetensi dasar, indikator, hingga sarana dan prasarana yang ada. 2) Aspek pelaksanaan, guru melakukan kegiatan yang diawali dengan pendahuluan, inti, dan penutup. Guru-guru tersebut telah melaksanakan proses pembelajaran dengan cara mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan, menanya, mencoba menalar, dan mengkomunikasikan, sehingga diharapkan materi yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh siswa, akan tetapi pada aspek menalar, menanya, dan mengkomunikasikan masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru dan apabila guru menanyakan materi kembali kepada siswa cenderung siswa tidak bisa menjawab. 3) aspek penilaian guru sudah melakukan kegiatan penilaian afektif, kognitif, dan psikomotor. Simpulan pada penelitian ini adalah bahwa Implementasi Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Di Lapangan Pada Guru Penjas SMA/SMK Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen sudah tergolong baik terbukti dengan rata-rata presentase sebesar 90.4% dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilainnya. Saran dari peneliti untuk guru penjas dapat membuat media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa, guru perlu memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Perencanaan Pembelajaran, SMA/SMK
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:15
Last Modified: 31 Jan 2024 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61707

Actions (login required)

View Item View Item