SURVEI MINAT SISWA KELAS X DAN XI DI SMK SE-KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM IRAMA TAHUN 2022


Kuncoro Kusuma, 6101418126 (2023) SURVEI MINAT SISWA KELAS X DAN XI DI SMK SE-KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM IRAMA TAHUN 2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran senam irama di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen ditinjau dari beberapa aspek seperti ; alokasi waktu yang kurang dalam pembelajaran senam irama,peran guru, dan pelaksaan pembelajaran yang belum maksimal sehingga belum diketahui seberapa besar minat siswa terhadap pembelajaran senam irama. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas X dan XI SMK Se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen terhadap pembelajaran senam irama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode survei menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dengan mengambil 4 sekolah menengah kejuruan yaitu SMK Negeri 1 Kebumen, SMK Negeri 2 Kebumen, SMK Ma’arif 1 Kebumen, SMK PGRI 2 Kebumen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X dan XI dengan jumlah 216 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian dan pembahasan mengenai minat siswa kelas X dan XI se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen terhadap pembelajaran senam irama tahun 2022 dapat diketahui bahwa dari SMK yang ada yaitu SMK Negeri 1 Kebumen dan SMK Negeri 2 Kebumen, SMK Ma’arif 1 Kebumen, SMK PGRI 2 Kebumen diperoleh hasil bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran senam irama meskipun jumlah siswa jauh dari sekolah negeri dan fasilitas yang kurang mendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa minat dari empat sekolah menengah kejuruan yang ada di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen seperti SMK Negeri 1 Kebumen, SMK Negeri 2 Kebumen, SMK Ma’arif 1 Kebumen, SMK PGRI 2 Kebumen dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki antusias minat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran senam irama, hal ini dilihat dari aspek intrinsik dan ekstrinsik yang ada yaitu rasa senang dan tertarik pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Irama, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:06
Last Modified: 31 Jan 2024 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61705

Actions (login required)

View Item View Item