PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI TINGKAT SMP SE-KECAMATAN KUNDURAN


Fernanda Hardiansyah, 6101417176 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI TINGKAT SMP SE-KECAMATAN KUNDURAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran PJOK dilaksanakan antara siswa dan guru dengan memanfaatkan aktivitas jasmani untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran PJOK lebih banyak dilaksanakan di ruang terbuka atau lapangan. Hal tersebut menjadi berbeda ketika adanya pandemi Covid-19. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri Se-Kecamatan Kunduran selama masa pandemi. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dan mengkaji perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri Se-Kecamatan Kunduran selama masa pandemi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Fokus penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri Se�Kecamatan Boja selama masa pandemi Covid-19 dan lokus di SMPN 1,2,3, MTS Muhamadiyah kunduran dan MTS al-huda kunduran. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, staf tata usaha dan siswa SMP Se-Kecamatan Kunduran. teknik pengumpulan data dengan observasi melalui wawancara, pengamatan, penelusuran dokumen dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait perencanaan pembelajaran guru menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri silabus, RPP, bahan ajar, dan instrumen penilaian. Untuk LKPD semua guru tidak menyusun. Guru melaksanakan pembelajaran PJOK secara daring dengan acuan kurikulum darurat, alokasi waktu yang disesuaikan dan media yang digunakan berbasis internet. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan tiga kali meliputi penilaian harian, PTS dan PAS. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaanpembelajaran PJOK adalah kondisi jaringan, fasilitas bagi siswa dan guru, motivasi belajar siswa serta pendampingan orang tua Kesimpulan terkait perencanaan pembelajaran yaitu guru tetap menyusun perangkat pembelajaran PJOK, kecuali LKPD karena tugas diberikan secara langsung di google classroom. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring melalui google classroom atau whatsapp dengan alokasi waktu yang disesuaikan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara daring. Saran yang diberikan untuk kepala sekolah lebih bijaksana dalam mengambil kebijakan terhadap peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan, guru lebih bervariasi dalam melaksanakan pembelajaran, serta untuk faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dieliminer atau dikurangi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PJOK, Pandemi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:54
Last Modified: 31 Jan 2024 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61704

Actions (login required)

View Item View Item