EFEKTIVITAS SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM SIRKULASI BERBASIS RISET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA


Shabrina Madania, 4401418059 (2023) EFEKTIVITAS SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM SIRKULASI BERBASIS RISET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan di abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu melalui pembelajaran yang menyajikan masalah secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas suplemen bahan ajar sistem sirkulasi berbasis riset dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pretest-posttest kontrol group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah implementasi suplemen bahan ajar sistem sirkulasi berbasis riset, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis. Sample penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 tahun ajaran 2021/2022 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang dibagi ke dalam kelas kontrol dan eksperimen. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan secara random. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu meliputi instrumen tes yang berupa soal pilihan ganda pretest dan posttest, serta lembar validasi materi suplemen bahan ajar. Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.00. Hasil analisis N-gain menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori rendah (0,24) pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen dengan kategroi sedang (0,51). Hasil validitas materi suplemen bahan ajar memeperoleh kategori valid. Simpulan penelitian ini adalah implementasi suplemen bahan ajar sistem sirkulasi berbasis riset valid digunakan sebagai suplemen bahan ajar dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbasis riset, berpikir kritis, efektivitas, sistem sirkulasi, suplemen bahan ajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:10
Last Modified: 30 Jan 2024 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61691

Actions (login required)

View Item View Item