PENGEMBANGAN MEDIA PALED 3D SISTEM DIGESTI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA KELAS XI


Muhamad Khanafi, 4401418033 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PALED 3D SISTEM DIGESTI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Media PALED 3D sistem digesti atau yang disebut dengan PALED 3D�SD merupakan media pembelajaran yang dikembangkan atas dasar analisis permasalahan dan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sistem pencernaan sehingga berdampak pada hasil belajar yang belum optimal. Hal tersebut disebabkan karakter materi sistem pencernaan yang abstrak atau tidak dapat diindera secara langsung oleh panca indera siswa. Media pembelajaran di sekolah masih terbatas dan belum secara optimal memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Ketersediaan media peraga (torso) sistem pencernaan di sekolah juga sudah tidak layak pakai dan belum mampu menampilkan konsep materi alur bioproses pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas media PALED 3D-SD menurut ahli media dan ahli materi, menganalisis kepraktisan media menurut guru dan siswa, serta menganalisis keefektifan media dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dilihat dari peningkatan pemahaman konsep siswa melalui uji N-gain, ketuntasan klasikal kelas, dan adanya perbedaan pemahaman konsep antara kelas yang menggunakan media PALED 3D-SD dan yang tidak melalui uji beda rata-rata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research & development (R&D) menggunakan model ADDIE melalui langkah pengembangan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji validitas media PALED 3D-SD diperoleh dari penilaian 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji kepraktisan media menggunakan sampel kelas XI MIPA 9 dan guru di SMA N 5 Semarang sedangkan uji efektivitas media melalui desain quasi experiment menggunakan sampel kelas XI MIPA 5 (kelas kontrol) dan XI MIPA 6 (kelas eksperimen) di SMA N 12 Semarang. Hasil uji validitas media menunjukkan PALED 3D-SD dinyatakan sangat valid menurut ahli media dan ahli materi. Hasil uji kepraktisan media menunjukkan PALED 3D-SD dinyatakan sangat praktis menurut siswa dan guru. Hasil uji efektivitas media menunjukkan PALED 3D-SD efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil peningkatan pemahaman konsep melalui uji N-gain yang masuk dalam kategori sedang, hasil ketuntasan klasikal kelas diperoleh persentase ketuntasan yang telah memenuhi kriteria efektif dan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, serta ada perbedaan pemahaman konsep antara kelompok yang belajar menggunakan PALED 3D-SD dan kelompok yang belajar menggunakan video melalui uji beda rata-rata. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini adalah media PALED 3D-SD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PALED 3D-SD, Sistem pencernaan, Pemahaman konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:05
Last Modified: 30 Jan 2024 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61689

Actions (login required)

View Item View Item