PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL CORE DAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS


Karima Khoirunnisa, 4101418059 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL CORE DAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis mendorong peserta didik untuk memahami keterkaitan antar konsep dan memahami penerapan konsep matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan koneksi matematis peserta didik masih rendah. Ditambah lagi sumber belajar yang digunakan masih terbatas pada buku matematika BSE dari pemerintah dan ringkasan materi dari pendidik, di mana sumber belajar tersebut belum memfasilitasi peningkatan kemampuan koneksi matematis. Selain itu, pembelajaran dilakukan dengan penjelasan materi dan mengerjakan soal di dalam kelas, sehingga peserta didik terbatas dalam mengobservasi objek nyata di lingkungan yang berhubungan dengan materi. Kemampuan koneksi matematis dapat ditingkatkan melalui penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berkaitan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis, maka bahan ajar perlu dirancang dengan memuat masalah sesuai dengan indikator koneksi matematis. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education dengan model CORE dan strategi outdoor learning, 2) menganalisis tingkat kelayakan bahan ajar, 3) menganalisis tingkat keterbacaan bahan ajar, dan 4) menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yakni 1) Define, 2) Design, 3) Develop dan 4) Disseminate. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 8C SMP Negeri 4 Ungaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education dengan Model CORE dan strategi outdoor learning yang telah divalidasi oleh 5 validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase nilai sebesar 89,84%. Bahan ajar juga mudah dipahami oleh peserta didik yang ditandai dengan nilai keterbacaan sebesar 85,27%. Peserta didik memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 61,52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,43. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai N�Gain sebesar 0,517 yang berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis dengan kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran, mudah dipahami oleh peserta didik, serta dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Model CORE, Outdoor Learning, Pengembangan Bahan Ajar, Realistic Mathematics Education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:03
Last Modified: 30 Jan 2024 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61688

Actions (login required)

View Item View Item