PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PROGRAM LINEAR PADA PROBLEM-BASED LEARNING


Kintana Anggita Putri, 4101418058 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PROGRAM LINEAR PADA PROBLEM-BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (39MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah belum menyediakan bahan ajar yang memenuhi kebutuhan siswa, siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Bahan ajar interaktif berbasis GeoGebra dengan pemodelan matematika menyajikan bahan ajar yang interaktif atau mendukung terjadinya hubungan dua arah antara bahan ajar dan penggunanya serta penyelesaian masalah yang menggunakan strategi pemodelan matematika sehingga mendorong siswa untuk memecahkan masalah secara lengkap, strategis, dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis GeoGebra dengan pemodelan matematika yang memenuhi kesesuaian karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) uji coba pemakaian, dan (7) produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kesesuaian karakteristik dengan ketercapaian kesesuaian yaitu 90,98% dengan kriteria sangat sesuai dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif layak digunakan dalam pembelajaran dengan memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 91,33% dengan kriteria sangat layak untuk uji kelayakan materi dan memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 89,82% dengan kriteria sangat layak untuk uji kelayakan media. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif mudah dipahami oleh siswa dengan memiliki rata-rata keterbacaan sebesar 3,58 dengan kriteria sangat baik. Analisis hasil pretest dan posttest setelah diberikan pembelajaran menggunakan bahan ajar interaktif tersebut dengan model problem-based learning efektif dengan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditandai dengan meningkatnya hasil uji n-gain sebesar 0,72 pada kriteria tinggi. Jadi, bahan ajar interaktif berbasis GeoGebra dengan pemodelan matematika pada materi Program Linear Dua Variabel layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Interaktif, GeoGebra, Pemodelan Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:59
Last Modified: 30 Jan 2024 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61687

Actions (login required)

View Item View Item