KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MATH FUN CARD


Nur Jannatul Khoirina, 4101418053 (2022) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MATH FUN CARD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran Problem Posing Berbantuan Math Fun Card terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) deskripsi kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing Berbantuan Math Fun Card pada kategori self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix method) yang menggunakan desain sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Cendekia Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada penelitian ini dengan melakukan tes kemampuan representasi matematis. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menganalisis data yang telah diperoleh dengan beberapa uji statistik untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah diajukan. Sedangkan untuk pengumpulan data kualitatif dilakukan wawancara pada subjek penelitian. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan memilih dua subjek pada masing-masing kategori self-confidence siswa yang diklasifikasikan pada tiga kelompok (rendah, sedang, tinggi). Analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga diperoleh deskripsi kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan self-confidence siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Problem Posing berbantuan Math Fun Card efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) siswa pada kategori self-confidence tinggi mampu dalam semua indikator kemampuan representasi matematis, siswa pada kategori self�confidence sedang mampu menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah dan membuat persamaan atau model matematis namun belum mampu menjawab soal dengan kata-kata/teks tertulis, serta siswa pada kategori self�confidence rendah hanya mampu menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah namun belum mampu membuat persamaan atau model matematis dan menjawab soal dengan kata-kata/teks tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Representasi Matematis, Self-Confidence, Problem Posing, Math Fun Card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:48
Last Modified: 30 Jan 2024 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61685

Actions (login required)

View Item View Item