PENGEMBANGAN E-MODULE EKOSISTEM BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Dian Rika Febriana, 4401418015 (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE EKOSISTEM BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan TIK telah mendorong perubahan proses pembelajaran dengan pemanfaatan bahan ajar inovasi terbaru disebut mobile learning dapat diterapkan dalam pembelajaran menggunakan smartphone berbasis Android. Inovasi pembelajaran yang perlu dikembangkan dengan memanfaatkan mobile learning adalah e-module. Pembelajaran materi ekosistem membutuhkan analisis dan observasi langsung sehingga diperlukan bahan ajar yang efektif dengan menggunakan Teknologi Informasi (TI) yang berbasis inquiry learning dan digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dan menyenangkan. Kemajuan teknologi dalam pendidikan belum diterapkan dalam bahan ajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan menganalisis hasil belajar siswa menggunakan e-module ekosistem berbasis inquiry learning. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bandar. Tahapan Research and Development (R&D) meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan e�module, validasi e-module, perancangan e-module revisi I, uji coba skala kecil, perancangan e-module revisi II, perancangan e-module skala besar uji coba, revisi akhir dan produk materi e-module ekosistem berbasis inquiry learning. Metode analisis data dilakukan dengan pemberian angket validitas media dan materi, serta angket kepraktisan pada tes skala kecil dan besar. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan e-module layak sebagai bahan ajar dengan persentase media 91,25% dan materi 71,25%. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4. E-module praktis digunakan sebagai bahan ajar dengan persentase uji coba skala kecil 78% dan persentase ketuntasan klasikal skala kecil adalah 86%, uji coba skala besar berdasarkan tanggapan guru 100% dan tanggapan siswa X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 3 yang berjumlah 103 siswa mendapatkan presentase 99,02% kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal siswa pada uji skala besar kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA 3 adalah 89,63%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diperoleh e-module ekosistem berbasis inquiry learning yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk siswa SMA kelas X IPA dan hasil belajar siswa kelas X IPA dalam penelitian telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal dengan persentase ≥85%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan TI, E-module, Ekosistem
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:52
Last Modified: 30 Jan 2024 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61682

Actions (login required)

View Item View Item