ANALISIS PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA (Studi Kasus pada SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata)


Widya Gigih Nurprakoso, 4401415090 (2022) ANALISIS PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA (Studi Kasus pada SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Faktor utama dari kerusakan lingkungan adalah manusia oleh karena sikap dan mental manusia yang acuh terhadap lingkungan. Sikap peduli lingkungan dapat dibentuk dengan memberikan pendidikan lingkungan hidup di sekolah salah satunya melalui biologi. Guru biologi mempunyai peran menciptakan lingkungan pembelajaran yang mampu membentuk sikap peduli lingkungan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pembentukan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran biologi di SMA yang sudah berpedikat adiwiyata dan non-adiwiyata. Selain itu peneliti termotivasi untuk menemukan faktor pembentukan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi kasus pada SMA adiwiyata dan non-adiwiyata. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Semarang (adiwiyata) dan SMA Negeri 12 Semarang (non-adiwiyata). Subjek penelitian ini adalah guru biologi. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah pembentukan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran biologi dan faktor penginisiasi pembentukan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran biologi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data penelitian menggunakan metode triangulasi. Tahap analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian di SMA adiwiyata meliputi tujuan pembelajaran dikembangkan mengarah pengembangan sikap peduli lingkungan. Materi dikaitkan dengan permasalahan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, serta praktikum. Sumber belajar secara kontekstual atau memuat isu lingkungan. Evaluasi berupa praktikum klasifikasi, pengomposan, dan pembuatan artikel lingkungan. Guru dalam pembelajaran memberikan himbauan, teguran, sanksi, apresiasi dan contoh perilaku peduli lingkungan. Hasil penelitian di SMA non-adiwiyata meliputi tujuan pembelajaran memuat sikap peduli lingkungan. Materi dikaitkan dengan lingkungan sekitar seperti Gunung Ungaran dan rob Semarang. Metode yang digunakan diskusi, tanya jawab, proyek/praktikum dan ceramah. Sumber belajar meliputi lingkungan sekitar atau memuat berita lingkungan. Evaluasi berupa proyek daur ulang, poster lingkungan, pertumbuhan tanaman, analisis berita lingkungan. Interaksi guru dalam pembelajaran meliputi motivasi, tauladan, teguran, apresiasi terhadap perilaku peserta didik. Baik SMA adiwiyata maupun non-adiwyata telah mengintegrasikan pembentukan sikap peduli lingkungan kedalam pembelajaran biologi kedalam komponen pembelajaran biologi meliputi tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran, sumber belajar, evaluasi pembelajaran dan interaksi antara guru dengan peserta didik. Faktor pembentukan sikap peduli di SMA adiwiyata dan non-adiwyata yaitu program lingkungan, peraturan mengenai sikap peduli lingkungan, fasilitas pendukung peduli lingkungan, penerapan RPP, sikap kooperatif peserta didik dalam pembelajaran, masih terdapat peserta didik yang kurang peduli lingkungan dan faktor pembentuka karakter dari keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap peduli lingkungan, Pembelajaran Biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:29
Last Modified: 30 Jan 2024 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61680

Actions (login required)

View Item View Item