PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA


Mia Aulia Vikayatri, 4101418037 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar bernuansa STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen yang digunakan berupa angket kelayakan bahan ajar, tes rumpang, angket penilaian keterbacaan, dan soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar bernuansa STEM. Berdasarkan hasil uji kelayakan bahan ajar diperoleh hasil dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan melalui tes rumpang dengan persentase dan angket penilaian keterbacaan sama-sama dalam kategori bahan ajar mudah dipahami siswa. Bahan ajar bernuansa STEM yang dikembangkan juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditunjukkan dengan: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi turunan setelah diberikan perlakuan penggunaan bahan ajar bernuansa STEM yaitu mengalami peningkatan dalam kategori sedang dan (2) rata�rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi turunan kelas yang menggunakan bahan ajar bernuansa STEM lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan bahan ajar bernuansa STEM. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar bernuansa STEM layak, mudah dipahami, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar bernuansa STEM, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:25
Last Modified: 30 Jan 2024 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61679

Actions (login required)

View Item View Item