PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERKOMPETENSI LITERASI MEMBACA BERMUATAN ANALYZE THINKING SKILL UNTUK SIMULASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA


Septi Handayani, 4301418103 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERKOMPETENSI LITERASI MEMBACA BERMUATAN ANALYZE THINKING SKILL UNTUK SIMULASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era pendidikan 4.0 membuat pemerintah membuat kebijakan baru dengan menerapkan program merdeka belajar guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu kebijakan merdeka belajar yang dirancang Kemendikbud adalah penggantian Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang bekompetensi literasi membaca bermuatan analyze thinking skill untuk simulasi AKM. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan desain ADDIE model analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA. Instrument pengumpul data meliputi lembar angket validasi, butir soal tes, dan lembar angket respon user. Teknik analisis data dimulai dari analisis data validasi, analisis kualitas butir soal, dan analisis lembar angket respon user. Hasil data yang dianalisis pada penelitian ini berupa analisis item dan person reliability, item fit order, item measure, person fit order, person measure, dan daya beda / butir soal bias. Instrumen dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi konstruk menggunakan analisis Item Response Theory model Rasch. Reliabilitas butir soal mendapat hasil 0,80, reliabilitas person mendapat hasil 0,82, dan Alpha cronbach sebesar 0,86. Sedangkan untuk validitas butir soal hanya terdapat 3 butir yang tidak valid dengan jumlah measure sebesar 1,28, untuk kevalidan person hanya 1 siswa saja yang tidak valid. Simpulan penelitian telah diperoleh Instrumen tes yang teruji kelayakannya, validasi butir dan kepraktisannya yang mendapat respon positif dari user.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Kemampuan Analisis, AKM, Kesetimbangan Kimia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:23
Last Modified: 30 Jan 2024 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61678

Actions (login required)

View Item View Item