ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL DIGITAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA


Siti Latifatul Khumairo’, 4101418034 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL DIGITAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki untuk menghadapi dunia nyata yang semakin berkembang. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Tayu masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah dengan menerapkan problem based learning (PBL) berbantuan modul digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan PBL berbantuan modul digital dan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 tayu tahun ajaran 2021/2022. Sampel terpilih 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PBL berbantuan modul digital efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan uji proporsi satu sampel diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:12
Last Modified: 30 Jan 2024 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61674

Actions (login required)

View Item View Item