PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS RME DENGAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS


Nuriati, 4101418030 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS RME DENGAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pada hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan 72 dari 78 negara peserta yang dimana kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu dari tujuh komponen pada PISA. Berdasarkan pencapaian tersebut, perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satunya dengan pengembangan bahan ajar, dikarenakan bahan ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi serta mengelola kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis RME dengan strategi Outdoor Learning pada model PBL. Tahapan pengembangan sesuai dengan model 4-D yang terdiri atas empat tahap antara lain define, design, develop, dan disseminate. Namun karena keterbatasan waktu, sarana, dan biaya maka penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu develop. Bahan ajar yang dikembangkan memuat materi aritmetika sosial. Pada tahap validasi, bahan ajar diujikan kepada empat validator yang terdiri atas dua dosen jurusan matematika dan dua guru matematika SMP. Sampel penelitian yaitu 33 peserta didik kelas VII H SMPN 4 Ungaran. Peserta didik diberikan lima butir soal uraian yang disesuaikan dengan empat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis pada pretest dan posttest. Sementara itu, untuk pelaksanaan pembelajaran dilakukan di luar ruangan sebagai implementasi dari Outdoor Learning dengan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan valid dan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase 93,2% (2) keterbacaan bahan ajar memperoleh persentase 86% yang berarti bahan ajar mudah dipahami peserta didik (3) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII H SMPN 4 Ungaran meningkat dalam kategori rendah dengan nilai N-Gain sebesar 0,26. Sehingga bahan ajar berbasis RME dengan strategi Outdoor Learning pada model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, pendekatan RME, model PBL, kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:03
Last Modified: 30 Jan 2024 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61670

Actions (login required)

View Item View Item