IDENTIFIKASI SEBARAN INTRUSI AIR LAUT DI DESA ROWOYOSO, KECAMATAN WONOKERTO, KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN METODE GEOLISTRIK


Robidin Mustofa, 4211415015 (2022) IDENTIFIKASI SEBARAN INTRUSI AIR LAUT DI DESA ROWOYOSO, KECAMATAN WONOKERTO, KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN METODE GEOLISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebaran intrusi air laut di desa Rowoyoso, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan menggunakan metode geolistrik dengan konfigurasi Schlumberger. Metode geolistrik digunakan untuk mengetahui nilai resistivitas batuan di bawah permukaan dengan melakukan pengukuran di permukaan bumi. Alat yang digunakan pada penelitian adalah Earth Resistivity Meter (ER-M) dengan 4 biji elektroda yang dapat menjangkau kedalaman analisa >150 meter. Penelitian dilakukan pada 5 titik pengukuran yang tersebar di desa Rowoyoso dan membentuk 2 lintasan. Berdasarkan data yang didapat dan hasil pengolahan pada software IPI2Win diperoleh nilai resistivitas berkisar antara 1,229 – 12,603 ohm meter yang membentang dari timur ke barat dan 0,797 – 20,065 ohm meter yang membentang dari utara ke selatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar daerah di desa Rowoyoso sudah terintrusi air laut dengan adanya akuifer air payau yang tersebar di berbagai daerah. Namun pada kedalaman antara 20 – 100 meter terdapat akuifer air rawa yang tersebar tidak merata dan dapat digunakan untuk kebutuhan air bersih setiap hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intrusi Air Laut, Rowoyoso, Metode Geolistrik, Resistivitas, Earth Resistivity Meter (ER-M), Air Payau, Air Rawa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > Medical Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:45
Last Modified: 30 Jan 2024 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61668

Actions (login required)

View Item View Item