PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT DALAM PENYEMBUHAN PENYAKIT DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DESA PAGUBUGAN KULON KABUPATEN CILACAP


Annisa Fella Nurhalimah, 3401415068 (2022) PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT DALAM PENYEMBUHAN PENYAKIT DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DESA PAGUBUGAN KULON KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid 19 melanda hampir diseluruh wilayah Indonesia, termasuk Desa Pagubukan Kulon, Kabupaten Cilacap. Berbagai masalah yang muncul akibat Pandemi Covid 19 memaksa masyarakat Desa Pagubugan Kulon harus melakukan kebiasaan baru terutama dalam mengobati penyakit degeneratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan strategi masyarakat Desa Pagubugan Kulon dalam penyembuhan penyakit degeneratif di era Pandemi Covid 19 melalui tumbuhan obat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Uji validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan konsep “sistem medis” yang dikembangkan oleh Foster dan Anderson. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem medis yang ada di Desa Pagubugan Kulon terbentuk melalui berbagai macam sumber dan kondisi, seperti tradisi turun menurun, ketakutan efek samping obat, ketakutan berobat ke rumah sakit, keterbatasan ekonomi hingga himbauan dari tokoh lokal masyarakat. Dalam penyembuhan penyakit degeneratif unsur kebudayaan, cara pengobatan dan pencegahan, serta fungsi sistem medis menjadi aspek penting dalam strategi penyembuhan melalui cara pengolahan dan pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional pada masyarakat Desa Pagubugan Kulon. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan dalam penelitian ini (1) Bagi masyarakat Desa Pagubugan Kulon, pengetahuan dan strategi pemanfaatan tumbuhan obat dapat tetap dilestarikan ketika pengetahuan tersebut juga diwariskan kepada generasi penerus sejak dini (sosialisasi primer). (2) Bagi Pemerintah Desa Pagubugan Kulon, kerjasama dengan dinas dan instansi perlu dilakukan untuk menguatkan masyarakat dalam menggunakan tumbuhan sebagai obat tradisional melalui penjelasan ilmiah dan juga untuk mengurangi potensi efek samping dari tumbuhan obat. Selain itu berbagai macam pelatihan perlu dilakukan untuk menyebarluaskan pengetahuan dan strategi kepada masyarakat lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Lokal, Strategi Penyembuhan, Pandemi Covid 19
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:47
Last Modified: 30 Jan 2024 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61664

Actions (login required)

View Item View Item