EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI QGIS BERBANTU BUKU SAKU DIGITAL DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN


Arini Millati, 3201418069 (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI QGIS BERBANTU BUKU SAKU DIGITAL DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prinsip pembelajaran kurikulum 2013 yang tertuang dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Masalah terkait pengembangan media pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan saat ini masih menjadi salah satu masalah utama dalam pendidikan di Indonesia. Termasuk dalam materi Sistem Informasi Geografis pada mata pelajaran geografi yang masih perlu pengembangan dalam mengajarkannya kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku digital dan menganalisis efektivitas pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Quantum GIS (QGIS) berbantu Buku Saku Digital pada siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa XII IPS berjumlah 138 siswa terdiri dari 68 sampel siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni yaitu kelas XII IPS 3 dan XII IPS 4 yang diambil melalui teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini ialah Efektivitas Pembelajaran SIG dengan QGIS serta Kelayakan Buku Saku Digital. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji perbedaan rata-rata hasil belajar (Uji T), dan uji N-Gain. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase Kelayakan Buku Saku Digital SIG sebesar 83,82% termasuk kedalam kategori tinggi yang berarti “sangat layak” dengan rincian kelayakan isi 84,52%, kelayakan penyajian 84,52%, dan kelayakan bahasa 80,55%. Sedangkan efektivitas pembelajaran dengan Quantum GIS berbantu Buku Saku Digital dapat dinyatakan dengan nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,4679 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata N-Gain dalam Persen(%) sebesar 46,8% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan Quantum GIS berbantu Buku Saku Digital termasuk kategori sedang dan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi SIG di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2022. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak. Bagi siswa perlu meningkatkan pengetahuan dan wawasannya terkait SIG serta perlu mengasah keterampilan dalam menggunakan aplikasi QGIS agar peta yang dihasilkan bisa lebih bervariatif dari berbagai teknik analisis SIG. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi dasar acuan untuk dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Sehingga didapatkan suatu hasil penelitian yang memberikan solusi terhadap upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran untuk siswa khususnya materi SIG.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kelayakan Buku Saku Digital SIG, Quantum GIS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:42
Last Modified: 30 Jan 2024 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61663

Actions (login required)

View Item View Item