PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL CHALLENGE BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP


Dita Nurdianti, 4101418025 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL CHALLENGE BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (56MB) | Request a copy

Abstract

Literasi matematika diperlukan siswa untuk menerapkan informasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Challenge Based Learning (CBL) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa menemukan cara untuk mempresentasikan dan memecahkan masalah. Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar dengan model challenge based learning terintegrasi STEAM untuk meningkatkan literasi matematika siswa SMP dengan kriteria kualitas yaitu bahan ajar model challenge based learning terintegrasi STEAM yang memenuhi kesesuaian karakteristik, kelayakan, keterbacaan, keefektifan dalam meningkatkan literasi matematika, dan mendapat respon positif dari siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan model 4D yang dimodifikasi sehingga penelitian ini mempunyai 3 tahapan, yaitu 1) Define (Pendefinisian); 2) Design (Perancangan); dan 3) Develop (Pengembangan). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi kesesuaian karakteristik, dapat digunakan dan tepat. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase 93,91%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar praktis atau mudah dipahami oleh siswa dengan persentase 90,08%, sedangkan dengan menganalisis hasil uji coba pengembangan bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar model challenge based learning terintegrasi STEAM efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa dengan skor peningkatan n-gain sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Hal ini sesuai dengan siswa yang memberikan respon sangat positif terhadap bahan ajar model challenge based learning terintegrasi STEAM dengan persentase 96,2%. Berdasarkan hasul penelitian tersebut diperoleh sebuah produk akhir berupa bahan ajar model challenge based learning terintegrasi STEAM yang berkualitas untuk meningkatkan literasi matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Literasi Matematika, Challenge Based Learning, STEAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:28
Last Modified: 30 Jan 2024 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61661

Actions (login required)

View Item View Item