PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS


Elin Rahmawati, 4101418019 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan alat evaluasi (pengetahuan, sikap, keterampilan) untuk dua kali pertemuan. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, keterbacaan, dan efektivitas. Aspek kevalidan diperoleh dari hasil uji validasi yang dilaksanakan dengan pengisian lembar validasi oleh para validator, aspek kepraktisan diperoleh dari hasil uji kepraktisan menggunakan angket respon guru, aspek keterbacaan diperoleh dari hasil uji keterbacaan menggunakan angket respon guru dan siswa, aspek keefektifan diperoleh dari hasil pretest-posttest siswa. Kriteria aspek keefektifan perangkat pembelajaran yaitu ketuntasan rata-rata lebih dari KKM 75, ketuntasan klasikal lebih dari 75%, dan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) menurut Sugiyono (2018) yang kemudian dimodifikasi oleh peneliti, yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk (uji kepraktisan dan uji keterbacaan), (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian (uji efektivitas), (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Berdasarkan hasil uji validasi dalam rentang 4,00 memperoleh rata-rata hasil silabus 3,62; RPP 3,63; bahan ajar 3,65; LKPD 3,71; dan alat evaluasi 3,70. Hasil uji kepraktisan dalam rentang 100% memperoleh skor silabus 87,50%; RPP 91,67%; bahan ajar 94,64%; LKPD 92,86%; dan alat evaluasi 91,67%. Hasil uji keterbacaan dalam rentang 100% memperoleh skor silabus 87,50%; RPP 85,00%; bahan ajar 85,71%; LKPD 80,36%; dan alat evaluasi 89,29%. Hasil uji keterbacaan siswa dalam rentang 100% memperoleh skor bahan ajar 90,75% dan LKPD 94,50%. Hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa lebih dari KKM yaitu 75, proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis lebih dari 75%, dan indeks N-gain sebesar 0,85 dari 1,00 dalam kriteria tinggi, serta peningkatan juga terjadi pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematis. Sehingga pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam kategori sangat valid, sangat praktis, memiliki keterbacaan tinggi (mudah dipahami), dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, ARIAS, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:18
Last Modified: 30 Jan 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61659

Actions (login required)

View Item View Item