IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (P3) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN CANDI MENDUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK SMA N 1 SALAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023


Mohamad Eri Setyo Wahyudi, 3101419074 (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA (P3) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN CANDI MENDUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK SMA N 1 SALAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Profil Pelajar Pancasila (P3) sudah menjadi komponen pokok dalam mata pembelajaran kurikulum merdeka. Dengan hadirnya Profil Pelajar Pancasila (P3) diharapkan sikap perilaku dan kepribadian peserta didik luhur seperti yang tertuang dalam nilai-nilai Pancasila. Melalui pembelajaran sejarah berbasis outing class dengan memanfaatkan lingkungan sekitar seperti halnya Candi Mendut sebagai sumber belajar peserta didik SMA N 1 Salaman, merupakan cara yang efektif dalam proses pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila (P3) dalam penerapan kurikulum merdeka. Sehingga dengan begitu dapat mencegah terjadinya degredasi moral peserta didik sekaligus juga sebagai inovasi dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses dan hasil dari pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran sejarah berbasis outing class dengan pemanfaatan Candi mendut sebagai sumber belajar peserta didik SMA N 1 Salaman. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu informan dari waka kurikulum, guru sejarah dan peserta didik Fase E kelas E-1, tour leader, aktivitas pembelajaran sejarah, serta kajian dokumen sejarah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi Teknik, uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (realibitas) dan confirmability (obyektivitas). Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses perencanaan implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan Candi mendut sebagai sumber belajar peserta didik SMA N 1 Salaman sudah berjalan dengan baik. Mulai dari pembuatan perangkat pembelajaran, menkoordinasi peserta didik sampai persiapan dilakukan dengan matang dan penuh kesiapan. (2) Pelaksanaan kegiatan outing class berjalan sesuai dengan rencana dan sistematis. Pada kenyataannya pemanfaatan lingkungan sekitar sangat perlu ditingkatkan dalam pembelajaran sejarah (3) Hasil yang didapatkan dari kegiatan outing class ini ada dua yaitu tercapainya pemahaman peserta didik dan terimplementasikannya profil pelajar Pancasila (P3) dalam pembelajaran. Walaupun belum sepenuhnya enam elemen profil pelajar Pancasila terimplementasi dalam pembelajaran tersebut. Saran bagi guru hendaknya guru lebih menguasai pembuatan perangkat, inovatif dalam pembelajaran dan lebih memanfaatkan lingkungan sekitar untuk pembelajaran. Selain itu juga dalam proses pembelajaran enam elemen profil pelajar Pancasila (P3) lebih ditekankan untuk semuanya terimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran sejarah, Outing class
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:18
Last Modified: 30 Jan 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61658

Actions (login required)

View Item View Item