NILAI-NILAI KESEJARAHAN M.NITISEMITO SEBAGAI TOKOH LOKAL KABUPATEN KUDUS MELALUI METODE STORYTELLING DI KELAS X E-11 SMAN 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Dea Ainunnisa, 3101418012 (2022) NILAI-NILAI KESEJARAHAN M.NITISEMITO SEBAGAI TOKOH LOKAL KABUPATEN KUDUS MELALUI METODE STORYTELLING DI KELAS X E-11 SMAN 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini didasarkan atas latar belakang masalah bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru sejarah memiliki dua tujuan pokok yaitu memberikan pengetahuan mengenai materi sejarah, dan nilai-nilai kesejarahan yang dapat diperoleh dari keberadaan tokoh lokal, diantaranya adalah M.Nitisemito. Kenyataannya dari tokoh M. Nitisemito terdapat nilai-nilai kesejarahannya seperti cinta tanah air, kerja keras, kreatif, mandiri yang dapat digali oleh guru sejarah SMAN 1 Gebog dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana kegiatan belajar mengajar materi nilai-nilai kesejarahan M. Nitisemito di kelas X E-11 SMAN 1 Gebog Kudus. 2.) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Storytelling dalam kegiatan belajar mengajar materi nilai-nilai kesejarahan M. Nitisemito di kelas X E-11 SMAN 1 Gebog Kudus. 3.) Bagaimana proses penggalian nilai-nilai kesejarahan M. Nitisemito sebagai tokoh lokal Kabupaten Kudus dengan metode pembelajaran Storytelling di kelas X E-11 SMAN 1 Gebog Kudus. Manfaat penelitian ini yaitu melalui penelitian ini diharapkan guru-guru terbantu untuk dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam sejarah lokal untuk mengokohkan karakter kebangsaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan Kabupaten Kudus yakni di SMAN 1 Gebog. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X E-11. Informan penelitian yaitu Guru, dan Siswa, serta tourguide Museum Kretek. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kajian literatur, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari empat prosedur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data berupa trianggulasi sumber, serta trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru sejarah SMAN 1 Gebog sudah menyampaikan materi sejarah lokal mengenai nilai-nilai kesejarahan M. Nitisemito di kelas X E-11 dalam kegiatan belajar mengajar. Sebelum kegiatan belajar mengajar guru sejarah melakukan perencanaan yaitu dengan membuat modul ajar. Guru Sejarah SMAN 1 Gebog menggunakan metode storytelling sebagai metode penyampaiannya. 2) Kegiatan belajar mengajar dengan metode storytelling berlangsung dengan baik dan secara dua arah yaitu antara guru dan siswa. 3) Siswa mampu menyimpulkan nilai-nilai kesejarahan M.Nitisemito. Nilai�nilai kesejarahan M.Nitisemito meliputi, semangat pantang menyerah, berani memulai sesuatu, tidak mudah putus asa, semangat dalam berwirausaha, gigih, ulet, terbuka dalam menerima saran dan kritikan, cinta tanah air, rela berkorban, dan menyayangi keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai kesejarahan, M.Nitisemito, Metode Storytelling
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:03
Last Modified: 30 Jan 2024 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61654

Actions (login required)

View Item View Item