PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING


Aprilia Styasih, 4101418016 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROGRAM LINEAR BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar program linear berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model problem-based learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa karena pelaksanaan pembelajaran matematika kurang menyiapkan siswa dalam belajar memecahkan masalah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model 4-D yang disesuaikan menjadi tahap 3D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan mencapai persentase rata-rata sebesar 85,16% dengan kriteria sangat layak, nilai keterbacaan oleh mahasiswa mencapai persentase rata-rata 85,83% dengan kriteria tinggi (mudah dipahami siswa), nilai keterbacaan oleh siswa mencapai persentase rata-rata 82,36% dengan kriteria tinggi (mudah dipahami siswa) dan respon siswa mencapai persentase rata-rata 89,33% dengan kriteria sangat baik. Uji t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest dan nilai posttest mencapai ketuntasan secara klasikal. Selain itu uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar program linear berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model problem-based learning layak, efektif dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas XI jenjang SMA/ MA. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan ada tahapan untuk skala yang lebih besar sehingga diperoleh masukan dan saran guna menyempurnakan bahan ajar. Untuk ke depannya dapat dikembangkan perangkat pembelajaran lain disekolah yang terintegrasi STEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, STEM, Problem-Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:50
Last Modified: 30 Jan 2024 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61653

Actions (login required)

View Item View Item