PENERAPAN MEDIA YOUTUBE UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPENGETAHUAN SEJARAH LOKAL SISWA KELAS XI SMK AL ASROR SEMARANG


Imayatul Khoiriyah, 3101418003 (2022) PENERAPAN MEDIA YOUTUBE UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEPENGETAHUAN SEJARAH LOKAL SISWA KELAS XI SMK AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pemanfaatan media youtube oleh guru SMK AL ASROR Semarang tentang pendidikan karakter dan sejarah lokal, (2) menguraikan pengetahuan siswa kelas XI SMK AL ASROR Semarang tentang karakter dan sejarah lokal, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan media youtube terhadap karakter dan kepengetahuan sejarah lokal siswa kelas XI SMK AL ASROR Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen desain quassi experimental design. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini 3 kelas dengan siswa 61. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan18 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Variabel pada penelitian ini yaitu media youtube, pendidikan karakter dan pengetahuan sejarah lokal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan media youtube terhadap karakter dan sejarah lokal terdapat pengaruh dibuktikan melalui uji-t yaitu 4,574 > 2,119 pada signifikansi 0,000. Pada uji-f media youtube terhadap pendidikan karakter terdapat pengaruh yaitu 4,942 > 4,494 pada signifikansi 0,041dan pada uji-f media youtube terhadap sejarah lokal terdapat pengaruh yaitu 4,942 > 4,494 pada taraf signifikansi 0,041. Saran yang dapat diajukan adalah untuk meningkatkan pendidikan karakter dan menambah wawasan sejarah lokal siswa diperlukan dukungan dari sekolah dan guru sebagai tindakan edukatif dan preventif dengan memanfaatkan media pembelajaran yang terkini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Youtube, Pendidikan Karakter, Sejarah Lokal.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:48
Last Modified: 30 Jan 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61652

Actions (login required)

View Item View Item