PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMETIKA SOSIAL BERNUANSA STEM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA


Muhammad Rifa Udin, 4101418011 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMETIKA SOSIAL BERNUANSA STEM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21 yaitu Kemampuan pemecahan masalah matematika .Tetapi, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia masih dalam kategori rendah sehingga dibutuhkan perbaikan yang lebih baik. Di sisi lain, bahan ajar yang saat ini digunakan di sekolah masih kurang dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan model discovery learning bernuansa STEM yang memenuhi uji kelayakan, keterbacaan, respon siswa, serta efektivitas terhadap bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan prosedur pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yang terdiri dari tahap define, tahap design serta tahap develop. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA di SMP H Isriati Semarang Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan bahan ajar aritmetika sosial dengan model discovery learning bernuansa STEM dari seluruh ahli dan praktisi adalah 88,24% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar yang dikembangkan juga mendapatkan kriteria mudah dipahami pada uji keterbacaan dengan rata-rata persentase keterbacaan dari seluruh siswa adalah 82%. bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 82%. Berdasarkan analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa bahan ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan skor N-Gain yaitu 0,58 yang termasuk dalam kriteria sedang. Selain itu, Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak, memiliki tingkat keterbacaan dengan kriteria mudah diipahami, bahan ajar mendapatkan respon positif dari siswa, serta bahan ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan kriteria sedang, Saran yang diajukan diantaranya bagi peneliti yang tertarik dengan pengembangan bahan ajar bernuansa STEM, alangkah baiknya lebih menambah pemahaman terkait STEM, .diperlukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan bahan ajar dengan model discovery learning bernuansa STEM pada materi dan kemampuan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, STEM, Discovery Learning, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:36
Last Modified: 30 Jan 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61648

Actions (login required)

View Item View Item