PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MODEL CMP DENGAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS


Ernawati, 4101418009 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MODEL CMP DENGAN STRATEGI OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

NCTM (National Council Of Teachers Of Mathematics) mengenalkan lima standar proses matematika yaitu pemecahan masalah (problem solving), penalaran (reasoning), komunikasi (communication), koneksi (connections), dan representasi (representations). Koneksi matematis mendorong peserta didik agar mampu mengaitkan antar konsep dan mampu menerapkan konsep matematika. Bahan ajar menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Bahan ajar yang selama ini digunakan salah satunya buku matematika BSE dari kemendikbud dan belum dapat memfasilitasi agar kemampuan koneksi matematis meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada model CMP dengan strategi outdoor learning. Tahapan pengembangan sesuai dengan model 4- D yang terdiri dari empar tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan memuat materi aritmetika sosial. Pada tahap develop terdiri atas tiga langkah yang meliputi validasi ahli (expert appraisal), uji coba pengembangan (developmental testing) dan uji coba terbatas (limited testing). Pada tahap validasi ahli, bahan ajar diujikan kepada empat validator yang terdiri atas dua dosen jurusan matematiksa dan dua guru matematika SMP. Sampel penelitian yaitu 35 peserta didik kelas VII D SMP Negeri 4 Ungaran dan populasi yaitu peserta didik SMP Negeri 4 Ungaran yang terdiri dari 7 kelas. Peserta didik diberikan lima butir soal uraian yang disesuaikan dengan tiga indikator kemampuan koneksi matematis pada pretest dan posttest. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di luar ruangan sebagai bentuk pelaksaaan kegiatan outdoor learning dengan model CMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan valid dan termasuk dalam kriterian sangat layak dengan persentase 92,3% (2) keterbacaan bahan ajar memperoleh persentase 87% yang berarti bahan ajar mudah dipahami peserta didik (3) kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII D SMPN 4 Ungaran meningkat dalam kategori rendah dengan nilai N-Gain sebesar 0,22. Sehingga bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada model CMP dengan strategi outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, pendekatan saintifik, model CMP, kemampuan koneksi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:25
Last Modified: 30 Jan 2024 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61646

Actions (login required)

View Item View Item