PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS


Euis Nur Hasanah, 4101418006 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (56MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menaruh manfaat besar bagi siswa sekaligus menjadi kemampuan yang esensial dan fundamental yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan abad 21. Akan tetapi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masuk dalam kategori rendah sehingga diperlukan beberapa upaya untuk mengatasi hal tersebut. Di sisi lain, bahan ajar matematika dan model pembelajaran yang digunakan sekolah saat ini belum mampu secara maksimal untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika bernuansa STEM pada model pembelajaran ARIAS yang memenuhi uji karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan efektivitas terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan mengacu pada prosedur pengembangan menurut Sugiyono (2017) yang telah disederhanakan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) uji coba pemakaian, dan (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik, dan dapat digunakan dengan tepat. Rata-rata persentase kelayakan yang diperoleh dari seluruh validator sebesar 91,03% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar mudah dipahami siswa dengan rata-rata persentase uji keterbacaan sebesar 88,5%. Berdasarkan analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahan ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan skor N-Gain yang diperoleh sebesar 0,56 yang termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik, sangat layak, mudah dipahami siswa, dan bahan ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Saran yang diajukan yaitu bagi guru bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar pembelajaran matematika, bagi siswa bahan ajar yang dikembangkan dapat menjadi referensi sumber belajar, dan bagi peneliti yang tertarik pengembangan bahan ajar matematika bernuansa STEM, dapat memperkaya muatan aspek STEM, dan diperlukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan bahan ajar matematika bernuansa STEM dengan model pembelajaran ARIAS pada materi dan kemampuan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Matematika, STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran ARIAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:19
Last Modified: 30 Jan 2024 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61643

Actions (login required)

View Item View Item