PENGEMBANGAN E-MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS


Nailul Munna, 4101418003 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi awal dengan guru matematika kelas X di SMA Negeri 3 Demak diketahui bahwa peserta didik dan guru menggunakan bahan ajar yang disediakan pemerintah dan lks yang sifatnya monoton dan membuat peserta didik mudah bosan jika digunakan dalam pembelajaran. Menurut hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti di kelas X Mipa 5 SMA Negeri 3 Demak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diketahui bahwa kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah masih tergolong rendah. Sebelumnya peserta didik belum pernah menggunakan e-modul sebagai sumber belajar. E-modul bernuansa etnomatematika mengaitkan materi matematika dengan budaya di lingkungan sekitar dapat menarik minat baca dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan e-modul bernuansa etnomatematika pada materi rasio trigonometri untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memenuhi tingkat kelayakan, keterbacaan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model 4D menurut Thiagarajan, yaitu define, design, development, dan dissemination, tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap development saja. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mipa 4 sebagai kelas uji coba pemakaian e-modul dan kelas X Mipa 5 sebagai kelas uji keterbacaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa e-modul bernuansa etnomatematika yang dihasilkan memenuhi kriteria yaitu: (1) e-modul bernuansa etnomatematika pada materi rasio trigonometri memperoleh kriteria sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata perpersentasesentase kelayakan materi 89,72% dan kelayakan media 89,06%, (2) e-modul bernuansa etnomatematika pada materi rasio trigonometri memperoleh tingkat keterbacaan mudah dipahami dengan rata-rata persentase 97,2%, (3) e-modul bernuansa etnomatematika pada materi rasio trigonometri cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori tingkat sedang dengan hasil n-gain sebesar 0,54.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Etnomatematika, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:08
Last Modified: 30 Jan 2024 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61641

Actions (login required)

View Item View Item