PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS STEM TERINTEGRASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs KELAS VII


Febriana Mulyana Putri, 4101418002 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS STEM TERINTEGRASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (40MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi peneliti di SMP Negeri 2 Bangsri menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) yang hanya memuat ringkasan materi dan rumus-rumus praktis untuk menjawab persoalan tanpa dilengkapi dengan masalah-masalah atau ilustrasi kehidupan nyata serta aspek lain seperti science, technology, engineering, dan mathematics. Selain itu, siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan tahap-tahap pemecahan masalah dan melibatkan beberapa konsep matematika dalam penyelesaiannya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar matematika berbasis STEM terintegrasi Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan efektifitas bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan tahapan penelitiannya meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; (6) uji coba pemakaian; dan (7) produk akhir. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data uji karakteristik dan uji kelayakan bahan ajar, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data uji keterbacaan dan data pretest-posttest. Data pretest-posttes kemudian diuji normalitas, uji t sampel berpasangan, uji N-Gain, dan uji efektifitas untuk mengukur keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kesesuaian karakteristik. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 90,34%. Hasil uji keterbacaan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 77,26% dengan kriteria mudah dipahami. Hasil analisis pretest dan posttest setelah diberikan bahan ajar berbasis STEM terintegrasi RME dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditandai dengan hasil uji t sampel berpasangan bahwa rata-rata posttest lebih dari rata-rata pretest, uji N-Gain sebesar 0,66 pada kriteria sedang dan hasil uji efektifitas sebesar 3,02 pada kriteria tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, STEM, RME
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:03
Last Modified: 30 Jan 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61640

Actions (login required)

View Item View Item