KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT KOLB PADA MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE


Iga Dwi Setianti, 4101417183 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT KOLB PADA MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu hal yang utama dalam belajar matematika, dan perlu dikembangkan dalam diri peserta didik. Model pembelajaran Scramble adalah salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP kelas VII pada pembelajaran model Scramble dapat mencapai ketuntasan klasikal.(2) mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada model Scramble lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada model PBL.(3) mengetahui gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran model Scramble.(4) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian mixed-methods dengan Pre-test Post Test Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Ambarawa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Terdapat 8 subjek kualitatif yang diambil dari kelas eksperimen, yaitu 2 peserta didik gaya belajar Accomodator , 2 peserta didik gaya belajar converger, 2 peserta didik gaya belajar diverger, dan 2 peserta didik gaya belajar assimilator. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah matematis pada model pembelajaran Scramble mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada model Scramble lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada model PBL, terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis pada subjek dengan gaya belajar acomodator cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi, subjek dengan gaya belajar converger cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi, subjek dengan gaya belajar diverger cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi, Subjek dengan gaya belajar Assimilator cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Gaya Belajar, Model Pembelajaran Scramble.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:55
Last Modified: 30 Jan 2024 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61639

Actions (login required)

View Item View Item