PERTUNJUKAN TARI JARANAN KRIDHA TARUNA: SELERA EKSPRESI ESTETIS MASYARAKAT DESA SAMIRAN KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI


Zana Saevanti Firdaus, 2501415031 (2022) PERTUNJUKAN TARI JARANAN KRIDHA TARUNA: SELERA EKSPRESI ESTETIS MASYARAKAT DESA SAMIRAN KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tari Jaranan Kridha Taruna adalah tari kerakyatan yang dikreasikan dengan tidak meninggalkan kearifan lokal daerah. Kreasi tari yang dibuat oleh seniman bertujuan untuk untuk memenuhi selera estetis masyarakat yang berkaitan dengan kebutuhan berkesenian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Ekspresi estetis masyarakat Dusun Kuncen, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, 2) Alasan mengapa masyarakat Dusun Kuncen, Desa Samiran Kecamatan Selo terpukau melihat Tari Jaranan Kridha Taruna. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnokoreologi dan etnografi dengan metode kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan langkah-langkah etnokoreologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekspresi estetis Tari Jaranan Kridha Taruna dapat diketahui melalui karya seni, ekspresi estetis seniman dan ekspresi estetis masyarakat. Karya seni diwujudkan oleh seniman dalam bentuk pertunjukan yang di dalamnya terdapat unsur lakon, pelaku, gerak, tata rias, tata busana, properti, pola lantai, musik iringan, tempat pertunjukan dan penonton. Ekspresi estetis seniman dapat diketahui melalui ide dan gagasan seniman dalam mengkreasikan Tari Jaranan Kridha Taruna menjadi lebih menarik, sedangkan ekspresi estetis masyarakat dapat diketahui melalui ekspresi estetis anak-anak, ekspresi estetis remaja, ekspresi estetis dewasa, ekspresi estetis lansia, ekspresi estetis anggota paguyuban. Ekspresi estetis masyarakat muncul dan terlihat pada saat pertunjukan sedang berlangsung yaitu masyarakat Desa Samiran dapat menyalurkan hasrat hiburan pada saat menyaksikan pertunjukan Tari Jaranan Kridha Taruna selain, pada saat pertunjukan berlangsung khususnya penari dan pemusik, Tari Jaranan Kridha Taruna dianggap sebagai penyalur hobi dan ekspresi. Selera masyarakat dapat diketahui melalui selera legitim dan selera jelata. Selera legitim terkait dengan sesuatu yang membuat masyarakat merasa tertarik dilihat dari bentuk seperti penggabungan kesenian, gerak, tata rias, tata busana, iringan, pelaku, sedangkan yang terkait dengan fungsinya yaitu sebagai hiburan. Selera mayoritas masyarakat Desa Samiran adalah selera jelata. Saran oleh peneliti yaitu agar anak-anak dapat dilibatkan untuk ikut bergabung dalam paguyuban Cambuk Mustika sehingga dapat mengembangkan minat dan bakat anak sejak dini. Melakukan latihan lebih rutin, tidak hanya pada saat menjelang pentas saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan, Ekspresi Estetis, Selera
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:48
Last Modified: 30 Jan 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61637

Actions (login required)

View Item View Item