PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS VAK UNTUK SMK KELAS X


Prasetya Adika Putra, 4101417165 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS VAK UNTUK SMK KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul matematika materi barisan dan deret pendekatan kontekstual berbasis VAK untuk SMK kelas X yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang memuat Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan skala likert, uji rata- rata, uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini: (1) E-modul matematika materi barisan dan deret pendekatan kontekstual berbasis VAK untuk SMK kelas X setelah melalui tahap validasi untuk mengetahui kelayakan produk mendapatkan persentase dari validator ahli materi 92% yang berada pada kategori “Sangat Valid” dan persentase dari validator ahli media sebesar 85% yang berada pada kategori “Valid”; (2) Respon guru matematika dan peserta didik terhadap e�modul matematika materi barisan dan deret pendekatan kontekstual berbasis VAK untuk SMK kelas X melalui angket atau kuesioner, peserta didik mendapatkan persentase rata-rata 92%. Persentase tersebut menyatakan bahwa produk e-modul “Sangat Praktis” dan angket untuk guru matematika mendapatkan presentase 89% yang berada pada kategori “Sangat Praktis”; (3) Efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal tersebut diperoleh dari beberapa hal berikut (a) hasil belajar peserta didik dengan e-modul matematika materi barisan dan deret pendekatan kontekstual berbasis VAK mencapai kriteria ketuntuasan; (b) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan e-modul matematika materi barisan dan deret pendekatan kontekstual berbasis VAK lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang tidak menggunakan e-modul yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pengembangan, Pendekatan Kontekstual, VAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:43
Last Modified: 30 Jan 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61636

Actions (login required)

View Item View Item