META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA


Anggita Inassalma, 4101417137 (2022) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP telah banyak dipublikasikan. Dari beberapa publikasi hasil penelitian menyatakan bahwa pentingnya penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh, membandingkan, dan menganalisis model pembelajaran serta faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan sebuah meta analisis yang dilakukan dengan prosedur PRISMA. Melalui aplikasi publish or perish, didapat 40 artikel penelitian pada tahap identifikasi. Pada kajian isi artikel lengkap dengan kriteria inklusi dan eksklusi, didapat 8 artikel penelitian yang digunakan sebagai subjek penelitian terkait model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah model pembelajaran kuantum, model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS), model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), model pembelajaran IMPROVE, model pembelajaran problem solving, model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran project�based learning, dan model pembelajaran discovery learning. Faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada siswa atau student centered learning, keaktifan siswa saat pembelajaran, guru yang berperan sebagai fasilitator saat pembelajaran, pembentukan kelompok saat pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran seperti metode brainstorming, pendekatan pembelajaran seperti pendekatan metakognisi, dan bantuan pembelajaran seperti berbantuan etnomatematika serta berbantuan masalah terbuka. Model pembelajaran yang memiliki pengaruh lebih kuat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP adalah model pembelajaran discovery learning dengan hasil effect size pada kategori tinggi sebesar 2,31

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: meta analisis, kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran, SMP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:26
Last Modified: 30 Jan 2024 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61632

Actions (login required)

View Item View Item