PEMBELAJARAN SELF ORGANISED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII


Fachira Anisa Izzati, 4101417133 (2022) PEMBELAJARAN SELF ORGANISED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya perkembangan yang sangat signifikan dalam dunia teknologi pada abad 21 serta adanya pandemi Covid-19 di Indonesia menuntut dunia pendidikan melakukan penyesuaian dalam menyiapkan peserta didik menghadapai perkembangan IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom serta mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom pada siswa SMP PGRI Astra Insani. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method tipe concurrent embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI Astra Insani, dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran Self�Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran Konvensional�Ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, angket, dan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan uji rata rata pihak kanan, uji proporsi pihak kanan, uji perbedaan dua proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji peningkatan nilai. Sedangkan analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa nilai akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom mencapai ketuntasan belajar, adanya peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis, dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom lebih baik daripada pembelajaran konvensional- ekspositori. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran Self�Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan google classroom dapat memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis dengan karakteristik yang bervariasi, seperti merumuskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, mengaitkan konsep atau rumus, mengubah masalah menjadi bentuk gambar, serta menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-Organised Learning Environment (SOLE), Google Classroom, Komunikasi Matematis, SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:22
Last Modified: 30 Jan 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61630

Actions (login required)

View Item View Item