KEEFEKTIFAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH 01 MRANGGEN DEMAK


Deka Badiul Irham, 2303416010 (2022) KEEFEKTIFAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH 01 MRANGGEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan Berbicara dan Menulis merupakan dua dari empat keterampilan berbahasa yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Baik keterampilan berbicara dan keterampilan menulis, para peserta didik dipersiapkan untuk dapat menguasai kedua keterampilan berbahasa tersebut dengan baik. Kompetensi keterampilan berbicara dan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah 01 Mranggen Demak sendiri masih dirasa kurang, hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor baik dari segi sarana dan prasarana, ataupun metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Kedua keterampilan berbahasa tersebut membutuhkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk dapat membuat siswa menjadi semakin tertarik dan antusias dalam pembelajaran bahasa arab khususnya pada keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode TPR (Total Physical Response). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode TPR (Total Physical Response) dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah 01 Mranggen Demak. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode TPR (Total Physical Respone) pada keterampilan berbicara dan menulis bahasa Arab. (2) Untuk mengetahui keefektifan metode TPR (Total Physical Response) dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. (3) Untuk mengetahui keefektifan metode TPR (Total Physical Response) dalam keterampilan menulis bahasa Arab. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan kuansi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah berupa tes tertulis, dan tes lisan. Sedangkan untuk instrumen nontesnya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode TPR (Total Physical Response) pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah 01 Mranggen Demak tidak efektif dan untuk keterampilan menulis bahasa Arabnya efektif. Tidak efektifnya penggunaan metode TPR (Total Physical Response) pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah 01 Mranggen Demak dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung dari penghitungan menggunakan t-test diperoleh hasil = 0,69 dan ttabel untuk n=40 dan dk= 40+40-2= 78 adalah 2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung < ttabel jadi thitung berada di daerah penerimaan Ha maka Ho ditolak. Sedangkan untuk penerapan metode TPR (Total Physical Response) untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah 01 Mranggen Demak efektif. Hal ini dapat dibuktikkan dengan penghitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-test yang mendapatkan hasil thitung = 14,0 dan ttabel untuk n=40 dan dk=40+40-2= 78 adalah 2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Dari penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, maka dapat diketahui bahwa thitung berada di daerah penolakan Ho maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode TPR (Total Physical Response), Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:22
Last Modified: 30 Jan 2024 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61629

Actions (login required)

View Item View Item