ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PLPDARING PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nur Fitriyatul Khasanah, 2302415043 (2022) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PLPDARING PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sejatinya dilakukan secara luring (tatap muka) antara calon pengajar (mahasiswa praktikan) dengan siswa di sekolah yang telah ditunjuk oleh universitas. Namun, sehubung dengan adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah secara resmi mengeluarkan perintah untuk mengganti pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring atau online pada semua lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi, sehingga menyebabkan pelaksanaan program PLP dilakukan secara daring. PLP dengan sistem daring tidak mudah untuk dilakukan dikarenakan hal tersebut merupakan hal yang baru bagi mahasiswa maupun dosen pengampu mata kuliah itu sendiri. Berdasarkan hasil wawancara tertulis yang dilakukan terhadap mahasiswa, banyak kesulitan yang mahasiswa praktikan alami saat proses pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang mahasiswa praktikan prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2018 alami ketika melaksanakan PLP berbasis daring, serta mengetahui solusi apa saja yang dapat mahasiswa praktikan berikan agar dapat menjadi evaluasi serta referensi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel data pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 yang telah melaksanakan PLP daring. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tertulis dan angket kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 67% dari 15 mahasiswa angkatan 2018 yang menjadi responden dalam penelitian ini mengalami kesulitan saat melaksanakan PLP daring. Selain itu, 86,7% dari 15 mahasiswa angkatan 2018 beranggapan bahwa PLP yang dilakukan secara daring dirasa kurang efektif. Kesulitan yang mahasiswa praktikan alami yaitu: jaringan internet yang sering terhambat, pengondisian kelas, menentukan media pembelajaran yang tepat, penyesuaian terhadap kurikulum darurat, serta meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Mahasiswa PLP, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Daring.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:14
Last Modified: 30 Jan 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61627

Actions (login required)

View Item View Item