ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KANA PADA PORTOFOLIO MAHASISWA SEMESTER 1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2018


Siti A’isah, 2302415020 (2022) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KANA PADA PORTOFOLIO MAHASISWA SEMESTER 1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menjadi mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, kemampuan utama yang harus dikuasai sebelum kelas reguler dimulai adalah huruf atau moji. Sebelum melanjutkan pembelajaran yang lain, mahasiswa baru diharapkan untuk menguasai serta memahami huruf bahasa Jepang yaitu kana (hiragana dana katakana). Hal ini bertujuan agar selama proses belajar kelas regular, mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan tanpa hambatan. Oleh karena itu Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES senantiasa mengadakan kelas 2 週間のプログラム (ni shuukan no puroguramu) dengan maksud memberikan pengetahuan dasar bagi seluruh mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Penelitian tentang analisis kesalahan penulisan huruf kana ini dilatar belakangi oleh ditemukannya kesalahan pada portofolio 28 mahasiswa semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2018. Beberapa contoh kesalahan yang ditemukan pada portofolio tersebut adalah orang (じん) menjadi ジ ん, kosakata kenkou hanya ditulis けんこ saja, dan kata Semarang yang saat ditulis menggunakan katakana seharusnya スマラン menjadi セマラン. Kesalahan pada portofolio tersebut berupa kesalahan penulisan kosakata yang memiliki lambang bunyi huruf kana mencakup chokuon, yoo’on, seion, dakuuon, handakuon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan kana apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2018 dan mendeskripsikan penyebab terjadinya penulisan kana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diolah merupakan portofolio dari mahasiswa semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2018. Berdasarkan hasil analisis dan olah data, dapat diketahui bahwa kesalahan penulisan kana tersebut dibagi menjadi 5 lambang bunyi. Hasil kesalahan penulisan pada lima lambang bunyi tersebut adalah 1) Chokuon hasil 44,7% dari 113 kali kemunculan, 2) Yoo’on hasil 5,9% dari 15 kali kemunculan, 3) Seion hasil 25,5% dari 64 kemunculan, 4) Dakuon hasil 25,3% dari 59 kemunculan, 5)Handakuon 0.8% dari 2 kemunculan. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah mahasiswa masih belum bisa membedakan beberapa huruf yang mirip, belum mengerti penggunaan tanda baca maru dan ten-ten, serta kurangnya ketelitian dalam menuliskan kosakata tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa Jepang, kana, portofolio
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:09
Last Modified: 30 Jan 2024 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61626

Actions (login required)

View Item View Item