DETEKSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII MELALUI TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET DENGAN BERBANTUAN TRIANGULASI


Selly Setyaningsih, 4101417121 (2022) DETEKSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII MELALUI TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET DENGAN BERBANTUAN TRIANGULASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas VIII SMP berdasarkan penerapan tes diagnostik model testlet dengan berbantuan triangulasi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Adipala. Teknik pengumpulan data berupa tes diagnostik model testlet, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan diperoleh (1) pemahaman bahasa kurang, mencakup kesalahannya dalam mengidentifikasi soal, menentukan kejadian yang diharapkan dalam soal, serta kesalahan dalam menyebutkan isi kartu bridge; (2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, mencakup ketidaktahuan mengenai rumus yang digunakan karena kemampuan mengingat subjek yang relatif rendah, ketidakmampuan dalam mengaplikasikan rumus, kurang pemahaman mengenai konsep dasar peluang (eksperimen, ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan), dan kurangnya pemahaman siswa dalam menentukan konsep yang sesuai dengan soal; (3) kelemahan dalam berhitung, mencakup kesalahan dalam menentukan persentase suatu kejadian, dan kesalahan dikarenakan kurangnya ketelitian siswa dalam berhitung; dan (4) kesulitan dalam persepsi visual, tidak ditemukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, Tes Diagnostik Model Testlet
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:06
Last Modified: 30 Jan 2024 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61625

Actions (login required)

View Item View Item